Tips Cara Mengetahui Swap RAM Memori Bekerja Atau TIdak

Hello Guys, Kali ini saya akan sedikit berbagi cara mengetahui swap memori bekeja atau tidak, mungkin anda berhasil dalam swap ram memori tetapi mungkin berjalan atau tidak swap itu dengan semestinya.
Berasa ngacir ram smartphone anda tanpa mengetahui bekerja atau belum swap itu. :D

Pada tips ini saya akan sedikit bicara tentang swap memori, sebuah teknik mengorbankan Space Memory ( Ram ataupun Eksternal ) untuk keperluan virtual memori yang akan berjalan di foreground membantu kinerja ram pada smarthphone android anda.

Mungkin ada beberapa teknik untuk mengkatkan memori ram android yaitu dengan cara swap / swapfile.
Untuk membuat swapfile untuk meningkatkan space virtual memori kita dapat memakai SWAPPER atau bisa juga dengan menggunakan  ROEHSOFT RAM EXPANDER ( SWAP ) tentunya smartphone kita sudah dalam keadaan rooted dong, begitu juga sudah membuat ZRAM. dan tentunya harus support dengan kernel android itu sendiri :)


Munkin ini banyak penyebab beberapa orang yang berhasil membuat swapfile / ZRAM. Setelah di cek di terminal emulator menggunakan sintak 'Free' ( tanpa talebih dahulu,nda kutip ) akan muncul value " 0 " tidak terdeteksi swapnya. Biasanya hal ini akan terjadi bagi smartphone android yang menggunakan Stock ROM asli bawaan pabrik tanpa ada yang dirubah sama sekali.
Namun sebetulnya juga belum pasti sih stock ROM belum support swapfile, hehehehe, tapi tidak menutup kemungkinan lohh. :D

Berikut cara mengetahui Swap Ram Memori ada dua cara mudah untuk memastikan bekerja atau tidaknya :

Cara Pertama, Dengan Menggunakan Terminal Emulator. 
Mungkin sebagian anda belum punya Terminal Emulator Download dulu di Google Play secara Gratis, Kemudian buka terminal emulatornya lalu ketikan perintah "Free" ( Tanpa Tanda Kutip ) Mungkin Jika anda bertanya apakah pada terminal emulator ini harus ketik perintah 'SU' ( Tanpa Tanda Kutip ) terlebih dahulu, tetapi saya rasanya untuk mengetahui swap saya rasa tidak perlu, tetapi tidak ada salahnya jika melakukan hal tersebut :)

Cara Kedua, Dengan menggunakan Swap Checker - MemoryInfo & Swapfile Checker.
Cara ini mungkin lebih mudah dan lebih detail ketimbang menggunakan terminal emulator, sudah menggunak GUI, tidak hanya melihat swapfilenya saja, bahkan seluruh partisi memori dapat dilihat disini.

Mungkin begitulah cara mengecheck swap memori ram, mungkin bekerja atau tidak. Pilihlah sesuka anda dengan cara diatas yang mungkin mudah bagi anda sekalian :)

No comments for "Tips Cara Mengetahui Swap RAM Memori Bekerja Atau TIdak"